Presiden China perintahkan upaya penyelamatan habis-habisan

presiden china xi jinping memerintahkan tindakan habis-habisan supaya menyelamatkan korban serta menekan korban setelah gempa berkekuatan 7,0 skala richter melanda provinsi barat daya sichuan sabtu pagi.

xi, juga sekretaris jenderal komite pusat partai komunis china (cpc) serta ketua komisi militer pusat, menganggarkan perintah segera setelah gempa mengguncang kota lushan, ya`an, selama jam 08.02 masa beijing.

bencana tersebut sudah merenggut 152 jiwa dan melukai lebih daripada 3.000 orang selama pukul 20.30 masa setempat.

xi mendesak untuk membeli info bencana dengan cepat dan membuat segala upaya untuk menyelamatkan rakyatnya. pekerjaan penyelamatan mesti dilaksanakan dengan langkah ilmiah supaya memangkas korban seminimal mungkin, katanya.

Informasi Lainnya:

dia juga minta agar memperkuat pemantauan seismik, mengikuti langkah konkret agar menghindari bencana sekunder, merelokasi orang-orang yang terkena bencana, serta menjaga stabilitas sosial di zona gempa.

komite pusat cpc serta xi mempercayakan perdana menteri li keqiang agar mengarahkan pekerjaan penyelamatan akibat gempa, dan sudah tiba selama zona gempa sabtu sore.

dalam instruksi pada angkatan bersenjata dan polisi bersenjata, xi memerintahkan pasukan pada zona dan dilanda gempa agar mengerjakan semua upaya penyelamatan dari bencana telah menyebabkan kerugian parah dalam daerah tersebut.

pasukan harus langsung dikirim ke garis depan supaya perhatian santunan gempa guna menyelamatkan penduduk dan mengobati dan terluka, pas dengan instruksi.

mereka dan sudah diperintahkan untuk mengikuti tindakan pencegahan terhadap bencana sekunder juga membantu pemerintah daerah supaya merelokasi penduduk dan terkena dampak, dan menjaga stabilitas sosial dari zona gempa.

pasukan serta mesti mengurus keselamatan mereka sendiri, kata xi.

dewan negara, serta kabinet, sudah meluncurkan tanggap darurat gempa kelas pertama. tim darurat kementerian, angkatan bersenjata juga polisi bersenjata menuju ke zona gempa.

pemimpin provinsi sichuan sudah tiba dalam pusat gempa serta penyelamatan serta konsentari bantuan sedang berlangsung.

episentrum gempa dalam kedalaman 13 km, dipantau selama 30,3 derajat lintang utara juga 103,0 derajat bujur timur.

ya`an memiliki penduduk 1,53 juta dan dikenal sebagai kota kelahiran panda raksasa. kota ini adalah sekitar 140 kilometer jauhnya dari ibu kota provinsi chengdu, demikian xinhua.