Korea Utara adili warga Amerika

korea utara hendak mengadili benar penduduk negara amerika serikat atas tuduhan percobaan penggulingan rezim komunis, dalam sedang krisis pyongyang dan barat.

kantor berita dipercaya korea utara kcna, sabtu, menyatakan masyarakat as bernama pae jun-ho itu telah mengakui tuduhan itu serta ingin langsung menjalani proses hukum.

pae ditangkap november lalu ketika memasuki rason, pada pihak timur laut korut, yang terletak dalam zona khusus ekonomi berdekatan dengan perbatasan wilayah korea, rusia dan china.

kcna mencatat penyelidikan awal supaya pae sudah rampung. dia mengakui sudah melakukan kejahatan melalui motif agar menjatuhkan pemerintahan dprk dengan gerakan permusuhan. kejahatannya sudah terbukti, ujarnya.

Informasi Lainnya:

dia mau diseret ke mahkamah agung dprk agar menjalani persidangan, sementara media korea selatan desember kemarin mengidentifikasi sosok yang ditangkap adalah pelaksana tur korea-amerika dan berusia 44 tahun.

dia masih saja melakukan perjalanan melalui lima turis yang lain serta tiba-tiba ditangkap karena membawa perangkat keras penyimpan data komputer, tulis koran korea selatan kookmin ilbo.

sejumlah masyarakat us telah berada pada korea utara untuk pilihan tahun terakhir ini, itulah afp.