Jalur Ngawi-Solo macet akibat antre solar

sejumlah titik dalam jalur jalan raya ngawi-solo, kabupaten ngawi, jawa timur, mengalami macetnya akibat tertutup mobil dan tengah mengantre solar bersubsidi dalam stasiun pengisian bahan bakar umum (spbu) setempat di juma sore.

kemacetan didominasi oleh kendaraan besar semisal bus serta truk yang mengular sampai mencapai lima kilometer lebih. para petani melalui membawa jerigennya juga kendaraan pribadi yang berbahan bakar solar dan ikut mengantre.

petugas spbu dalam jalan raya ngawi-solo, desa sidowayah, kedunggalar, ngawi, agus, jumat petang menyatakan, bbm bersubsidi bidang solar besar dicari dari sepekan terakhir.

pasokan solar dari pertamina memang dibatasi. biasanya mampu dikirim 16 kilo liter semua kali do, sekarang hanya terserah setengahnya. akibatnya solar besar dicari dan selama ngantre, katanya kepada wartawan.

Informasi Lainnya:

guna mengurai macetnya pada jalur antarprovinsi itu, petugas satuan lalu lintas polres ngawi terpaksa memberlakukan sistem buka juga tutup jalan.

polisi dan menyediakan sederat jalur solusi kepada kendaraan pribadi daripada arah solo yang ingin menuju madiun juga magetan agar memangkas kemancetan.

kemacetan terjadi karena kehadiran antrean kendaraan solar selama spbu yang baru saja menerima pasokan daripada pertamina. macet sudah terjadi dari pagi, beruntung sekarang telah mampu diatasi melalui sistem buka tutup serta tutup jalan serta jalur alternatif, ujar kepala satuan kemarin lintas polres ngawi, akp gatut wibowo.

hal serupa juga terjadi dalam sejumlah spbu pada kabupaten madiun. antrean sampai mengakibatkan macetnya kemarin lintas terjadi selama spbu sangen, geger, dan terdapat selama jalan raya madiun-ponorogo juga spbu klitik, wonoasri, yang berada pada jalan raya madiun-surabaya.

kapolres madiun akbp yusuf, menyampaikan, pihaknya sudah menugaskan anggotanya supaya mengatur arus kemarin lintas agar antrean mobil di spbu tersebut tak memesan macet.

kami juga menempatkan sejumlah personel agar mengamankan spbu untuk menghindari keributan yang bisa saja terjadi ketika antre solar. masing-masing spbu dan rawan hendak dijaga tiga sampai empat personel, kata akbp yusuf.

menurut dia, penjagaan mau dilakukan sampai batas waktu yang belum ditetapkan. tergantung daripada situasi selama lapangan juga kebijakan pemerintah pusat terkait pendistribusian bbm bersubsidi tersebut.

seperti diketahui, kuota solar bersubsidi tahun ini dipastikan berkurang dari tahun sebelumnya akibat menyesuaikan kuota bbm subsidi dan sudah ditentukan dalam apbn 2013. agar wilayah jawa timur, kuota solar bersubsidi tahun 2013 cuma sebesar 1,91 juta kilo liter (kl). kasus itu lebih rendah daripada realisasi tahun lalu sebesar 2,08 juta kl.

demikian dan, sesuai penugasan pemerintah, kuota solar bersubsidi yang adalah tanggung jawab pertamina tahun ini lebih rendah 8,3 persen dibandingkan melalui realisasi penyaluran tahun 2012. dengan nasional, kuota solar bersubsidi tahun 2012 sebesar 15,56 juta kl, berkurang merupakan 14,28 juta kl pada 2013 ini.