Petani kawah Banjarnegara diizinkan beraktivitas di ladang

pusat vulkanologi juga mitigasi bencana geologi badan geologi bandung mengizinkan petani beraktivitas pada ladang pada radius 1.000 meter daripada kawah timbang, desa sumberejo, kabupaten banjarnegara, jawa tengah.

petani boleh beraktivitas di sini, namun ada syarat ketat yang mesti dipatuhi sebab sampai saat ini status kawah timbang baru `siaga`, tutur kepala pvmbg surono saat dikontak diantara daripada purwokerto, kamis malam.

beberapa persyaratan tersebut, kata dia, dalam antaranya bila pada enam produk terakhir tidak terekam gempa vulkanik juga tektonik lokal yang berpotensi memicu keluarnya gas beracun di kurang lebih kawah timbang.

selain tersebut, lanjutnya, matahari bersinar cukup terik serta petani yang beraktivitas dalam ladang mesti ditemani tim tanggap darurat pvmbg dan dilengkapi dengan detektor gas juga di radius daripada kawah timbang.

Informasi Lainnya:

jika tiba-tiba terekam gempa vulkanik dan tektonik lokal melalui jumlah juga energi dan berpotensi memicu keluarnya gas beracun, dia membayar penduduk segera beranjak daripada daerah bahaya (radius 1.000 meter daripada kawah timbang, red.) berdasarkan arahan daripada tim tanggap darurat pvmbg.

dia mengakui, ada buruh tani yang tergantung selama pendapatan harian dari berladang sering kali menerobos zona bahaya gas beracun dalam radius 1.000 meter dari kawah timbang biarpun terlarang untuk dimasuki.

dengan rekomendasi ini, dia mengharapkan petani mampu beraktivitas di radius 1.000 meter bisa terhindar dari ancaman bahaya gas beracun dan mitigasi bencana kawah timbang tetap berjalan dengan menarik.

tapi harus disadari, persyaratan tersebut harus dipatuhi sebab kawah timbang ketika ini masih `siaga`, tutur dia menegaskan.

lebih lanjut perihal kondisi terkini kawah timbang, surono menungkapkan, berdasarkan pengamatan di pukul 12.00--18.00 wib, terekam keberadaan tiga kali gempa vulkanik pada dan dua kali gempa vulkanik dangkal.

dalam pengamatan visual, tutur dia, iklim pada kurang lebih kawah timbang terpantau cerah-mendung, angin bertiup lemah dari barat, juga asap putih tebal dihembuskan kawah timbang dengan tekanan lemah hingga ketinggian 50--100 meter.

pada jarak 1.000--1.500 meter daripada kawah timbang ke arah selatan serta kali sat dan dusun simbar, lanjutnya, tidak tercium bau belerang.

pvmbg selama senin (11/3), pukul 21.30 wib, meningkatkan status kawah timbang selama desa sumberejo, kecamatan batur, banjarnegara, daripada normal adalah berhati-hati juga merekomendasikan agar tidak banyak aktivitas warga selama radius 500 meter daripada kawah.

pvmbg dalam rabu (27/3), pukul 23.30 wib, memperbaiki status kawah timbang daripada hati-hati adalah siaga juga merekomendasikan agar tak banyak aktivitas penduduk selama radius 1.000 meter dari kawah.