Kerry desak Turki-Israel normalisasi hubungan

menteri luar negeri as john kerry dan tengah mengunjungi istanbul, turki, mendesak pemimpin negeri itu agar secepatnya memperbaiki hubungan diplomatik penuh melalui israel.

sesudah berbicara dengan menteri luar negeri turki ahmet davutoglu, kerry menyampaikan washington melihat kedua negara dibuat jangkar kestabilan dalam timur tengah.

kerry menyeru kedua sekutu bermanfaat as tersebut untuk mengirim kembali duta besar mereka sesegera bisa saja dan mengatakan keselaran kedua negara bakal membantu menanggulangi tantangan yang dihadapi timur sedang.

kami hendak melihat hubungan tersebut, dan penting buat wilayah timur sedang, kepada proses perdamaian palestina-israel, tutur kerry sebagaimana dikutip xinhua.

ia menambahkan turki dapat menjadi penyumbang utama pembangunan masa depan tepi barat sungai jordan serta jalur gaza.

Informasi Lainnya:

presiden as barack obama menengahi rujuk turki dan israel dalam perjalanannya ke wilayah tersebut maret lalu.

perdana menteri israel benjamin netanyahu menungkapkan permintaan maaf pada turki sesudah kunjungan obama atas serangan 2010 pada armada kapal bantuan tujuan jalur gaza dan menewaskan delapan warganegara turki serta Satu pihak turki-amerika.

mengenai masalah itu, davutoglu menuntut ganti rugi korban tewas armada santunan itu dan pencabutan embargo kepada jalur gaza.

semua korban di peristiwa ini mesti diberi ganti rugi ...Satu pelanggaran dilaksanakan dan tersebut mesti dimintai pertanggungjawaban, kata davutoglu memberi syarat bagi normalisasi hubungan dengan israel.